BANNER

BANNER

Mahasiswa Aceh Tengah Donor Darah di PKA


Banda Aceh – Forum Pendidikan Mahasiswa Aceh Tengah (FPMAT) bekerjasama PMI Banda Aceh menggelar kegiatan donor darah di arena Pekan kebudayaan Aceh (PKA) Anjungan Kabupaten Aceh Tengah, Lampriet, Banda Aceh, Sabtu (18/05/2013).

Koordinator Acara Jawahir Saputra yang ditemui AtjehLINK di lokasi  mengatakan aksi donor darah ini merupakan kegiatan triwulan tiap tahun yang rutin diselenggarakan oleh FPMAT di Banda Aceh.

“Selain mahasiswa Aceh Tengah, kegiatan ini juga dibuka untuk  seluruh mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin menjadi  pendonor.  Akan tetapi mayoritas  pendonor pada kegiatan tersebut  adalah mahasiswa asal Aceh Tengah,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan hari ini  berjumlah 23 mahasiswa. “Setelah dilakukan tes kesehatan dan cek tensi darah oleh dokter, baru 10 orang yang bisa mendonorkan darahnya,” ungkapnya lagi.

Jawahir berharap dengan adanya kegiatan donor darah tersebut bisa sedikit membantu pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit di Banda Aceh. “Mudah mudahan pasien bisa selamat dengan darah yang kita donorkan,” tambahnya.

Sementara Armia, seorang relawan PMI Banda Aceh menambahkan untuk stok darah di PMI sangatlah minim, oleh karena itu keluarga pasien sering harus mencari sendiri pendonor untuk mendapatkan darah bagi keluarganya yang membutuhkan.

“Minimnya stok darah dikarenakan jumlah pendonor lebih sedikit dari jumlah permintaan darah atau jumlah kantong darah yang didapat dari pendonor tidak sebanding permintaan darah pasien yang membutuhkan,” katanya

Armia merincikan, jumlah darah rata-rata  yang didapat dari relawan pendonor di lapangan oleh PMI hanya berkisar 10 sampai 20 kantong perhari, sementara jumlah rata rata permintaan darah per hari  mencapai 100 kantong darah lebih untuk 13 rumah sakit  di Banda Aceh. (RIDHA)

Posted by Ridha Putra on 1:11 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Mahasiswa Aceh Tengah Donor Darah di PKA

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery